Friday 28 June 2013

#95 This Lullaby by Sarah Dessen

Judul : This Lullaby
Penulis : Sarah Dessen
Penerbit : Elex Media Komputindo, 2012
Tebal : 454 halaman
Genre : Young Adult
ISBN : 978-602-00-2575-9

Sinopsis This Lullaby

Pada usia remaja atau dewasa muda biasanya orang masih percaya pada cinta. Tapi tidak dengan Remy Starr. Di usia segitu dia sudah tak percaya cinta. Maklum, ayahnya si penyanyi sekaligus pencipta lagu This Lullaby meninggalkan ia dan abangnya, Sementara ibunya sudah berulang kali berganti suami. Bahkan saat ini Remy sedang sibuk mengurusi pernikahan ibunya yang kelima dengan seorang pemilik showroom mobil bernama Don.

Musim panas tahun ini juga Remy bakal lulus dari SMU dan berencana buat kuliah di Stanford. Tapi sebelum pergi ia ingin menyelesaikan semua urusan yang masih menggantung di kampung halamannya. Salah satu urusan itu adalah memutuskan Jonathan, pacarnya tanpa alasan. Iya, Remy memang dikenal sebagai playgirl disekolahnya yang menurut perhitungan teman-temannya hingga saat ini jumlah mantan pacar Remy 50 orang yang semuanya diputuskan Remy tanpa alasan.


Remy sibuk banget di musim panas ini. Mencari waktu yang tepat untuk memutuskan Jonathan sekaligus mengurus detil penrnikahan ibunya. Saat harus mengurus pernikahan ibunya, Remy tak sengaja berkenalan dengan anggota band yang menyanyi di acara pernikahan ibunya. Nama cowok itu Dexter. Tapi pertemuan ini membuat Remy jengkel habis-habisan dan membuat Remy tidak simpatik sama sekali karena Dexter tipe cowok tak kenal sopan santun. Dia hampir menabrak Remy, menuliskan nama serta nomor teleponnya di punggung tangan Remy tanpa izin, dan duduk bareng Remy dan para sahabatnya di klub langganan mereka.

Dexter sebenarnya tidak masuk dalam daftar cowok idaman Remy. karena ia kikuk, tidak rapi, dan jorok. satu-satunya hal yang membuat Remy betah dengan Dexter adalah dexter juga menganggap hubungan mereka di sepanjang musim panas ini adalah sebatas pertemanan dan bila salah satu dari mereka pergi, yang lain tidak berhak untuk merasa sakit hati. Anehnya Remy malah sakit hati saat tak sengaja mendengarkan curahan hati Dexter dan anggota bandnya di depan toko langganan mereka.

"Aku tentu saja. seorang bocah penggembara. Seorang petualang. Seorang musikus. Aku hanya akan membawakannya ke dalam kemiskinan, rasa malu, dan tulang kering yang memar karena tangan dan kakiku yang kikuk. Jauh lebih baik baginya bila kami berpisah."

This lullaby is only a few words
A simple run of chords
Quiet here in this spare room
But you can hear it, hear it
Wherever you may go
Even if I let you down
This lullaby plays on...

***

Ceritanya remaja banget tapi tidak lebay dan bertele-tele. Dan proses perubahan pada tokoh-tokohnya pun tidak terjadi dengan instan atau mendadak mendapat ilham dan berubah. Covernya sendiri sukses membuat saya lapar. Gambar permennya bikin nggak kuat. Terjemahannya lumayan tapi typosnya bikin nangis. Bertaburan dimana-mana. Bahkan ada lirik lagu yang tidak diterjemahkan tapi mendadak ada terjemahannya di tengah-tengah lirik.

Kutipan favorit saya dibuku ini :
"Cinta berarti membutuhkan seseorang. Cinta berarti menoleransi kualtias buruk seseorang karena entah bagaimana dia melengkapi dirimu."

Trivia:

  • Dexter dalam bahasa Latin mempunyai arti sebelah/bagian kanan. Lawannya adalah Sinister yang berarti sebelah/bagian kiri. Dexter juga bisa mempunyai arti terampil, beruntung, atau tepat.
  • Postingan ini untuk Posting Bareng BBI bulan Juni 2013 dengan tema Romance.


@ Halmahera
06062013

4 comments:

  1. belum pernah baca sarah dessen tapi pingiiin :) banyak yg udah diterjemahin ya ternyata.

    ReplyDelete
  2. Putri, itu caranya sinopsisnya bisa buka tutup gimana? :V *salahfokus*
    Covernya manis ya, tapi Elex emang deh terjemahannya bikin nangis. Kalau ada, bikin list typo ma terjemahan yang anehnya kayak apa, nanti aku sampaikan di forum Elex :D

    ReplyDelete
  3. Ahhh This Lullaby! Buku paling favorit dari semua buku Sarah Dessen lainnya. Dexter <3 <3 <3
    Suka banget karena selain ceritanya enak, secondary charactersnya jg kuat & bikin 'rame', apalagi band-nya si Dexter. :)

    ReplyDelete
  4. Oh, kukira buku ini masuk dystopia, Put hahaha... Boleh juga nih nyari ebooknya, biar ngga nangis karena typo

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...